Sunday, November 2, 2014

Gathering and Cooking Class at Tenten


Beberapa minggu lalu diundang kembali Gathering oleh Openrice senang sekali. Kali ini gathering diadakan di TenTen Tempura House yang berlokasi di Plaza Indonesia, Jakarta.
Yup, untuk pertama kali akhirnya aku ikutan gathering di Jakarta, bersama 2 orang teman juga yang berasal dari Bandung kita dengan antusias dateng kesana. Ketika kami datang sudah ada beberapa openricer yang berkumpul dan acarapun hendak dimulai. Dimulai dengan pembukaan dari perwakilan Ten Ten, lalu ada Chef Dian yang merupakan chef di Ten Ten ini yang akan mendemokan cara membuat tempura. Ten Ten sendiri merupakan salah satu tempat makan yang menawarkan tempura sebagai andalannya, makanya dinamakan juga sebagai Tempura House, juga mengusung konsep makanan Jepang yang lebih kekeluargaan. 
Bisa dilihat dari ornamen dan interior di dalam Tenten yang berasa suasana Jepangnya, desain restonya pun cukup simpel tapi bisa bikin nyaman pengunjung yang makan disini. Ten Ten ini cukup luas menurutku, mungkin bisa menampung sampai 50 pengunjung. Oh ya letak dari Ten Ten ini sendiri di Plaza Indonesia berada di Basement ya, cukup mudah akses menuju kesini kok.


Interior of Tenten

Setelah semua peserta berkumpul, langsung saja Chef Dian memperkenalkan diri dan menjelaskan sedikit banyak mengenai tempura disini. Ternyata tempura disini dibuat memakai tepung khusus (secreting ingredient-katanya) dan juga Frying Machine yang bisa menjaga suhu minyak agar tidak turun atau terlalu panas. 

Penjelasan dari Chef Dian ini sangat informatif dan cukup mudah dicerna oleh openricer, semuanya serius mendengarkan. Menurut Chef Dian tepung yang cocok dipakai untuk tempura adalah tepung terigu berprotein sedang, suhu yang baik itu sekitar 160-180 derajat celcius, perbandingan air dan tepung pun sangat diperhatikan karena akan mempengaruhi kerenyahan tempuranya yaitu 150 ml air : 100 gr tepung. Bahan tempura sendiri biasanya adalah udang, daun oba (khas Jepang), ubi, dan bawang bombay. Lalu chef Dian mempraktekan cara menggoreng tempura yang cukup tricky ya. 


Setelah itu Chef Dian juga mendemokan cara membuat omurice, ini adalah makanan favorit di Jepang sana yaitu nasi goreng yang diselimuti omelette dan diberi saus demiglace (kaldu). Ternyata membuat omurice sangat mudah, isian nasi goreng nya juga simpel hanya wortel, buncis, jagung, dan bawang. Juga ditambah butter untuk memberikan aroma yang khas. 
Ketika Chef Dian selesai masak kami semua boleh mencicipi masakan chef Dian. Lalu kami semua ditantang untuk membuat Tempura dan Nasi Goreng secara berkelompok. Aku dan 2 temanku lalu bekerja sama untuk membuat Tempura dan Omuricenya. Tim kami dibagi 2, 1 orang bertugas membuat tenpura, dan 2 orang lagi membuat nasi goreng. Waktu yang diberikan adalah 30 menit. Setelah selesai, masakan kami di hias menjadi Turtle in The Sea Omurice. Ya semua kelompok menata omurice dan tempuranya masing-masing. Setelah selesai hasil masakan kami pun dinilai oleh Chef Dian.




Selagi chef Dian menilai kami pun disuguhi tempura don khas dari Ten Ten ini sebagai makan siang kami. Aku memilih Tendon with Blackpepper Sauce dan satu paket dengan Miso Soup. Untuk minum kami diberi Cold Ocha.
Satu porsi tendon ini cukup besar menurutku, disajikan di dalam mangkuk. Nasinya diberi toping berbagai macam tempura dan saus blackpepper. Sedangkan misosoupnya di mankuk yang lebih kecil. Rasa miso soupnya enak banget, isiannya ada tofu, wakame, dan daun bawang iris. Kuah misonya pun rasanya pas. Untuk tendon ada udang, buncis, daun oba, dll. Rasanya enak, renyah, sausnya pun gurih dan berasa blackpeppernya. Dan Cold Ocha disini disajikan dalam gelas tinggi warnanya hijau muda dan rasanya segar.
Kami semua menikmati makanan dan minuman yang disajikan oleh Ten Ten ini, rasa tempuranya memang berbeda dengan tempat lain. Bisa dibilang disini juaranya untuk tempura. Wajib dicoba nih.



Lokasi: Tenten House of Tempura
             Plaza Indonesia, 
                 Level Basement, Jl. MH Thamrin Kav 28-30
                 Telp (021) 29923730
Taken from Sony Xperia M2
#Tempura
#Japanesefood


No comments:

Post a Comment