Wednesday, October 22, 2014

Nyunda di Kebon Awi Kaffee Bandung

Sekarang aku akan coba me-review sebuah tempat makan baru dengan tema dan konsep yang sangat tradisional dan back to nature. Namanya Kebon Awi Kaffee, dari namanya sebagian besar sudah bisa menebak dari daerah mana tema tempat makan ini, Yup, dari derah Jawa Barat lebih tepatnya Sunda. Kebon Awi bias berarti juga Kebun Bambu. Tak heran dari tampak depan restorn ini sudah disambut oleh semacam ‘benteng’ dari bambu. Pintu masuk restoran ini ada di pojok kanan dengan gapura kecil, lalu kita menuruni anak tangga sebentar, lalu munculah sebuah restoran yang sangat ‘nyunda dan benar-benar bernuasna alam. Dengan di kelilingi pohon bambu yang juga tersebar di berbagai sudut, saung-saung dan juga kolam plus jembatan mini menambah kentalnya suasana tradisional disini.
Ternyata bambu-bambu yang ada disini ada dari berbagai Negara dan berbagai jenis lo, ada dari China juga Thailand. Yang paling unik adalah bamboo rambat, batangnya kecil dan merambat ke pohon lainnya. Jadi selain makan dan bersantai disini kita juga dapat mendapatkan sisi edukasi mengenai bambu. Yang tak kalah menarik disini adalah suara ‘alam’ sebagai backsound alias bunyi-bunyian serangga juga kodok yang sangat alami, berasa makan di hutan Bambu deh. Mantep banget.
Karena masih baru, saung-saung disini belum terlalu banyak. Tapi disediakanjuga ruang VIP yang bisa memuat 10-12 orang. Untuk makanan dan minuman disini tersedia menu khas Sunda dan beberapa yang sudah di modifikasi. Selain itu ada beberapa vendor makanan untuk melengkapi ilihan menu disini seperti seblak, sate, mie kocok, dll.
Untuk minuman ada Es Goyobod yang khas Sunda banget isinya sih mirip es teller yang ini lebih padat isinya ada tape, roti tawar, alpukat,dll. Rasanya segar dan manis. Lalu ada lagi Jus-jus segar seperti Healthy Jus yang terdiri dari Apel, wortel dan jeruk Sunkist rasanya agak aneh karena ga biasa aja, kalo aku lebih suka Jus Strawberry nya yang kental dan asem seger. Ada lagi yang seger dan kesukaan anak-anak ni yaitu Lychee Squash yang isinya ada leci segar, selasih, soda dan sirup leci. Untuk minuman hangat disini ada Surem alias Susu Rempah yang memberikan efek hangat di tenggorokan rasanya manis disajikan dengan batang serai. Lalu katanya disini punya kopi unggulan lo, namanya Kopi Pangasihan. Ini masuknya ke jenis kopi mild dan yang selalu bermasalah dengan lambung cukup aman minum kopi ini lo.
Sedangkan makanannya lebih beragam lagi lo. Ada Nasi Timbel Komplit, Nasi Tutug Oncom, Nasi Liwet Kameumeut, Bebek Meriam, Ayam Rica Rebung, Sate Sapi, Sop Konro, Mie Kocok, Bandeng Bakar, Gepuk, Tumis Iwung Panglawung, Sambel Nyetrum, dan Paket Tulang Jambal.
Menu khas Sundasangat kental terasa, dengan bahan pilihan dan racikan chefnya membuat makanan disini enak banget. Yang menjadi andalan disini adalah tentu saja rebung yang mana dihasilkan dari Bambu. Iwung/rebung disini pakai rebung dari pohon bamboo China yang besar dan warnanya hijau pekat. Rebungnya tidak berbau khas dan enak. Seperti modifikasi Ayam Rica Rebung disini paling juara. Rebungnya bersatu dengan sambal ricanya yang pedas gurih, gak ada di tempatlain deh.
Kalau nasinya yang enak adalah nasi liwetnya, nasi yang dimasak dengan rempah-rempah ini aromanya menggoda selera. Dan yang paling enak buatku adalah tulang jambalnya, ini makan ga berenti-berenti deh. Tulang jambal ini ditumis dan sedikit berkuah rasanyapedas dan gurih, Khusus tulang jambal ini injual sepaket. Kebetulan paketkami pada saat itu ada tahu gebuk dan Pencok kacang sebagai teman tulang jambalnya. Untuk harga disini masih sangat terjangkau dan lokasi pun tak terlalu jauh berada di Dago atas, Jl. Ciburial.









Lokasi : Kebon Awi Kaffee
             Jl. Bukit Pakar Timur No. 29, Ciburial,
             Bandung Utara
Taken From Sony Xperia Ray 
#Sundanesefood
 


No comments:

Post a Comment